Menu

Monday, January 29, 2018

Tujuan SMK3 (Part 2)

Multi Kompetensi
Tujuan SMK3 (Part 2)

  • Sebagai dasar Pengahrgaan (Awards)

Sistem Manajemen K3 juga digunakan sebagai dasar untuk pemberian penghargaan k3 atas pencapaian kinerja K3, Pengahrgaan K3 diberikan baik oleh instansi pemerintah maupun lembaga independen lainnya seperti Sword of Honour dari British Safety Council, Five Start Safety Rating System dari DNV atau National Safety Council Award, dan SMK3 dari Depnaker. Penghargaan K3 diberikan atas pencapaian kinerja K3 sesuai dengan tolak ukur masing - masing. karena bersifat penghargaan, maka penilaian hanya berlaku untuk peroide tertentu.

  • Sebagai Sertifikat

Sistem manajemen K3 juga dapat digunakan untuk sertifikasi penerapan manajemen k3 dalam organisasi. Sertifikasi diberikan oleh lembaga sertifikasi yang telah dikareditasi oleh suatu badan akreditasi. Sistem sertifikasi desawa ini telah berkembang secara gobal karena dapat diacu di seluruh dunia. 

Mengingat banyaknya sistem manajemen k3 yang dikembangkan olehberbagai institut tersebut, timbul kebutuhan untuk menstandarisasikan sekaligus memberikan sertifikasi atas pencapaianya. Dari sini lahirlah sistem penilaian kinerja K3 yang disebut OHSAS 18000 (Occupational Helath adn Safety Assessment Series)

Sistem ini dapat disertifikasikan melalui lembaga sertifikasi, dan diakui secara global. OHSAS 18001 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 dan kemudian disempurnakan pada tahun 2007 dan disepakati sebagai suatu Standar Sistem manajemen k3.
OHSAS 18000 terdiri dari dua bagian yaitu OHSAS 18001 sebagai standar atau persyaratan SMk3 dan OHSAS 18002 sebagai pedoman pengembangan dan penerapannya.




Sumber : 
Buku : 
Sistem Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja OHSAS 18001 (2010)
Penulis: 


Soehatman Ramli


Multi Kompetensi
Training Integrasi QHSE
Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close