Menu

Thursday, March 22, 2018

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen K3


Manfaat penerapan sistem manajemen K3, antara lain:

Perlindungan Karyawan

Tujuan inti penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah memberi perlindungan kepada pekerja. Bagaimanapun, pekerja adaah aset perusahaan yang harus dipelihara dan dijaga keselamatannya.

Pengaruh positif terbesar yang dapat diraih adalah mengurangi angka kecelakaan kerja. Kita tentu  menyadari, karyawan yang terjamin keselamatan dan kesehatannya akan bekerja lebih optimal dibandingkan karyawan yang terancam K3-nya. Dengan adanya jaminan keselamatan, keamanan, dan kesehatan selama bekerja, mereka tentu akan memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan.

Memperlihatkan Kepatuhan pada Peraturan danundang - Undang

Banyak organisasi yang telah mematuhi peraturan eksistensinya dalam beberapa tahun. Kita bisa saksikan bagaimana pengaruh buruk yang didapat bagi perusahaan yang melakukan pembangkangan terhadap peraturan dan undang - undang, seperti citra yang buruk, tuntutan hukum dari badan pemerintah, seringnya menghadapi permasalahan dengan tenaga kerjanya semua itu tentunya akanmengakibatkan kebangkrutan. Dengan menerapkan baiknya dalam mamtuhi peraturan dan perundang - undangan sehingga mereka dapat beroperasi normal tanpa menghadapi kendala dari segi ketenagakerjaan.

Mengurangi Biaya

Tidak berbeda dengan falsafah dasar sistem manajemen pada umumnya Sistem Manajemen k3 juga melakukan pencegahan terhadap ketidaksesuaian Dengan menerapkan sistem ini, kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan, kerusakan atau sakit akibat kerja. Dengan demikian kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang ditimbulkan akibat terjadinya tersebut. Memang dalam jangka pendek kita akan mengeluarkan biaya cukup besar dalam menerapkan sebuah Sistem Manajemen K3. Apabila jika kita juga melakukan proses sertifikasi diman asetiap enam bulannya akan dilakukan audit yang tentunya juga merupakan biaya yang harus dibayar. Kana tetapi jika penerapan Sistem Manajemen K3 dilaksanakan secara efektif dan penh komitmen, nilai uang yang keluar tersebut jauh lebih kecil dibandingkan biaya yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja. Salah satu biaya premi asuransi. Banyak perusahaan - perusahaan yang mengeluarkan biaya premi asuransi jauh lebih kecil dibandingkan sebelum menerapkan Sistem Manajemen K3.

Bersambung....

Sumber:

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 






Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close