Menu

Friday, March 23, 2018

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen K3 - Part II


Membuat Sistem Manajemen Yang Efektif

Tujuan perusahaan beroperasi adalahmendapatkan keuntungan yang sebesar - besarnya. Hal ii dapatdicapai engan adanya sistem manajemen perusahaan yang efektif. Banyak variabel yang ikut membantu pencapaian sebuah sistem manajemen yang efektif, dsamping mutu, lingkungan, keuangan, teknologi informasi dan K3.

Salah satu bentuk nyata yang bisa kita lihat dari penerapan Sistem Manajemen K3 adalah adanya Prosedur Terdokumentasi. Dengan adanya Prosedur, maka segala aktivitas dan kegiatan yang terjadi akan erorganisir, terarah dan berada dalam koridor yang teratur. rekaman - rekaman sebagai bukti penerapan sistem disimpan untuk memudahkan pembuktian dan identifikasi akar masaslah ketidaksesuaian. Persyaratan perencanaan, evaluasi, dan tindak lanjut merupakan bentuk bagaimana sistem manajemen yang efektif. Pengendalian dan pemantauan aspek penting menjadi penekanan dan ikut memeberi nilai tambah bagi organisasi. Penerapan Sistem Manajemen K3 yang Efektif akan mengurangi rapat - rapat yang membahas ketidaksesuaian. Dengan personel yang semakin meningkat dalam mengetahui potensi ketidaksesuaian. Dengan demikian organisasi dapat berkonsentrasi melakukan peningkatan terhadap sistem manajemennya dibandingkan melakukan perbaikan terhadap permasalahan permasalahan yang terjadi.


Meningkatkan kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan


karyawan yang terjaimin keselamatan dan kesehatan kerjanya akan bekerja lebih optimal dan ini tentu akan berdampak pada produk yang dihasilkan. Pada gilirannya ini akan meningkatkan kualitas Produk da jasa yang dihasilkan ketimbang sebelum dilakukan penerapan. Disamping itu dengan adanya pengakuan penerapan Sistem Manajemen K3, Citra Organisasi terhadap kinerjanya akan semakin meningkat, dan tenty ini kan meningkatkan kepercayaan pelanggan.




Sumber:

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 
Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close