Menu

Thursday, January 18, 2018

Istilah dan Definisi

Multi Kompetensi
Istilah dan Definisi

Berikut ini istilah yang banyak digunakan dalam bidang k3 sebagai berikut:


1) Resiko yang dapat diterima

Resiko yang telah ditekan sampai tingkat yang dapat diterima sesuai dengan persyaratan hukum dan kebijakan organisasi.


Training Integrasi OHSAS 18001;2007 dan PP No 5 2012

2) Audit

Suatu proses sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan "bukti audit" dan evaluasi objektivitasnya untuk menetapkan sejauh mana "kriteria audit" terpenuhi

Catatan 1: a. Independen tidak selalu berarti eksternal organisasi. Dalam banyak hal, khususnya pada organisasi kecil, independen dapat ditunjukan dengan kebebasan dari pertanggung jawaban terhadap bagian yang di audit.

Catatan 2: b. Untuk penjelasan mengenai "bukti audit" dan "kriteria audit" lihat ISO 19011.

3) peningkatan berkelanjtan
Proses berlanjut untuk meningkatkan sistem manajemen K3 dengan maksud untuk mencapai peningkatan kinerja K3 secara menyeluruh konsisten dengan kebijakan organisasi.

Catatan 1:Proses TIDAK PERLU BERJALAN DISELURUH AKTIVITAS SECARA SIMULTAN
Catatan 2: Diacu dari ISO 14001:2004

4) Tindak Koreksi
Tindakan untuk menghilagkan penyebab ketidaksesuaian yang terdeteksi atau situasi yang tidak diinginkan lainnya.

5) Dokumen
Informasi dan media pendukungnya.
Media dapat berupakertas, magnetis elektronik, cakram, fotografi, dan lainnya.

6) Bahaya
Keadaan atau situasi yang potensial yag dapat menyebabkan kerugian seperti luka, sakit, kerusakan harta benda, kerusakan lingkungan kerja, atau kombinasi seluruhnya.

7) Identifikasi Bahaya
proses pengenalan adanya suatu bahaya dan menentukan karakteristiknya


Info Trainig OHSAS, SMK 3

KLIK DISINI


8) Gangguan Kesehatan kerja

Kondisi yang dapat merusak fisik atau mental yang timbul dari dan / dapat memburuk oleh aktivitas kerja dan / atau situasi yang berhubungan dengan pekerjaan . 

9) Insiden
Adalah kejadian berhubungan dengan pekerjaan yang menimbulkan atau dapat menimbulkan cedera, penyakit kerja (tanpa memandang keparahannya) atau kematian.

10) Pihak yang Berkepentingan

Indivisu atau kelompok, dalam atau diluar tempat kerja yang peduli aau terpengaruh oleh kinerja K3 dari suatu organisasi,


Bersambung..............


Sumber : 
Buku : 
Sistem Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja OHSAS 18001 (2010)
Penulis: 

Soehatman Ramli

Multi Kompetensi
Training Integrasi QHSE







Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close