Menu

Monday, January 22, 2018

Latar Belakang Sistem Manajemen K3 (part 1)

Multi Kompetensi
Later Belakang Sistem Manajemen K3


KESELAMATAN dan Kesehatan Kerja harus dikelola sebagaimana dengan aspek lainnya dalam perusahaan seperti opearasi, produksi, logistik, sumber daya manusia, keuanan dan pemasaran. Aspek K3 tidak akan bisa berjalan seperti apa adanya tanpa adanya intervensi dari manajemen berupa upaya terencana untuk mengelolanya. karena itu, ahli k3 sejak awal tahun 1980an berupaya meyakinkan semua pihak, khususnya manajemen organisasi untuk menempatkan aspek K3 setara dengan unsur lain dalam organisasi. Hal inilah yang mendorong lahirnya berbagai konsep mengenai manajemen K3 (Safety Manajemen).

Semua sistem manajemen K3 bertujuan untuk mengelola risiko K3 yang ada dalam perusahaan agar kejadian yang tidak diinginkan atau dapat menimbulkan kerugian dapat dicegah.


Training Integrasi OHSAS 18001;2007 dan PP No 5 2012


Menurut Dan Petersen dalam bukunya Safety  Manajemen , mengelola K3 sama dengan mengelola aspek lain dalam perusahaan dengan menggunakan pendekatan manajemen modern mulai dari perencanaan, pengorganisasisanm penerapan dan pengawasan.

Hal serupa terjadi disektor penerbangan yang sarat dengan teknologi dan risiko tinggi. Praktisi dan institisi keseamatan penerbangannnya menyimpulkan bahwa keselamatan penerbangan hanya dapat dicapai dengan menerapkan sistem manajemen Keselamatan secara Konsisten. Lembaga penerbangan dunia, seperi ICAO (International Civil Aviation Organization) telah mewajibkan penerapan Safety Management System dalam aktivitas penerbangan untuk menjamin dan meningkatkan kinerja keselamatan penerbangan.

Lembaga penerbangan Sipil Kanada (Transport Canada Civil Aviation) pada tahun 1991 melakukan kajian dan riset intensif mengenai keselamatan penerbangan dan melalui konstitusi dengan para ahli keselamatan penerbangan di dunia, mereka menyimpulkan bahwa satu - satunya cara efisien untuk meningkatkan keselamatan penerbangan adalah mengadop pendekatan sistem utuk mengelola keselamatan penerbangan yang dikenal sebagai Aviation safety Management System (ASMS)


Sumber : 
Buku : 
Sistem Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja OHSAS 18001 (2010)
Penulis: 

Soehatman Ramli


Multi Kompetensi
Training Integrasi QHSE

Bersambung............

Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close