Later Belakang Sistem Manajemen K3 |
- Sebagian besar kecelakaan penerbangan bersumber dari faktos manusia (human error)
- Kesehatan manusa ini mengindikasikan adanya faktor carelessness atau kurang kompeten dalam melakukan pekerjaan namun hal ini tidak sepenuhnya benar
- Faktor manusia hanyalah mata rantai paling ujung dari proses terjadinya kecelakaa
- kecelakaan tidak dapat dicegah dengan mengganti manusia, tetapi hanya dapat dicegah menghilangkan penyebab tidak langsung sebagai penyebab dasar suatu kecelakaan
- Sebagaian besar mata rantai kecelakaan berada dibawah kndali organisasi yan disebut organizational accident yang hanya dapat di kontrol melalui suatu safety management system
Berdasarkan pertimbangan tersebut, dunia penerbangan telah mensyaratkan penerapan safetymanagement system
Sumber :
Buku :
Sistem Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja OHSAS 18001 (2010)
Penulis:
Soehatman Ramli
Training Integrasi QHSE |
Bersambung.......
0 comments: