Menu

Monday, March 26, 2018

Langkah - Langkah Penerapan Sistem Manajemen K3



Setiap jenis Sistem Manajemen K3 mempunyai elemen atau persyaratan tertentu yang harus dibangun dalam suatu Organisasi. Sistem Manajemen K3 tersebut harus dipraktekkan dalam semua bidang/divisi dalam organisasi. Sistem Manajemen K3 harus dijaga dalam operasinya untuk menjamin bahwa sistem itu  punya peranan dan fungsi dalam menajemen perusahaan.

Dalam melakkan penerapan Sistem Manajemen K3

Untuk lebih memudahkan penerapan Standar Sistem Manajemen K3, berikut ini dijelaskan mengenai tahapan - tahapan dan langkah - langkahnya. Tahapan dan langkah - langkah tersebut dibagi menjadi dua bagaian besar:


a. Tahap Persiapan


Merupakan tahapan atau langkah awal yang harus dilakukan semua organisasi/ perusahaan. Langkah - ini melibatkan lapisan manajemen  dan sejumlah personel, mulai dari menyatakan komitmen sampai dengan menetapkan kebutuhan sumber daya yang diperlukan. Adapun, tahap persiapan ini, antara lain:


  • Komitmen Manajemen Puncak
  • Menentukan Ruang Lingkup
  • Menetapkan Cara Penerapan
  • Membentuk Kelompok Penerapan
  • Menetapkan Sumber Daya yang diperlukan

b. Tahap Pembangunan dan Penerapan

 Sistem dalam tahapan ini berisi langkah - langkah yang harus dilakukan oleh Organisasi / Perusahaan dengan melibatkan banyak personel, mulai dari menyelenggarakan penyuluhan dan melaksanakan sendiri kegiatan audit internal serta tinfakan perbaikannya sampai dengan melakukan sertifikasi.



Sumber:

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 
Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close