Menu

Friday, March 9, 2018

Manajemen K3


Dalam pasar bebas yang marak dengan berbagai persaingan, penerapan manajemen K3 sangat penting untuk dijalankan dengan baik dan terarah. Proses industrialisasi merupakan 'Syarat Mutlak' untuk membangun negeri ini. Pengalaman di negara-negara lain menunjukan bahwa tren suatu pertumbuhan dari sistem K3 adalah fase- fase , yaitu fase kesejahteraan, fase produktivitas kerja, dan fase toksikologi industri.

Sekarang ini, K3 sebagaimana halnya aspek - aspek tentang pengaturan tenaga kerja, sedang berada pada fase 'Kesejahteraan' , terutama umumnya para buruh. Mungkin setelah tercapainya kestabilan politik, hukum, dan ekonmi ,kita bisa memulai menginjakan kaki ke fase produktivitas kerja. Sedang fase toksikologi industri, cepat lambatnya dicapai tergantung kepada kemampuan untuk mengembangkan perindustrian pada umumnya.

Penerapan pengaturan perundag undangan dan pengawasan serta perlindungan para buruh merupakan prinsif dasar dalam sistem manajemen ini. Keselamatan dan Kesehatan kerja yang disesuaikan dengan ' sistem ergonomi' (penyesuaian beban kerja/ alat kerja dengan kemampuan dan fisik pekerja), merupakan salah satu usaha ntuk mencetak para buruh yang produktif dengan penigkatan SDM yang profesional dan andal.

Agar para buruh (buruh pabrik, misalnya) berada dalam kondisi  sehatnya dan produktivitas kerja yang setinggi - tingginya, maka mereka perlu mendapatkn keseimbangan yang menguntungkan dari faktor beban kerja, dan beban tambahan akibat lingkungan kerja dan kapasitas kerja. Setiap pekerjaan bisa menjadi beban bagi pelakunya. Beban yang dimaksud mungkin fisik, mental atausosial.

Seorang pekerja berat, seperti pekerja bongkar danmuat barang di pelabuhan tentu lebih banyak beban fiiknya dari pada beban mental atau sosial.
Sebaliknya, seorang pengusaha, mungkin beban mentalnya relatif lebih besar. begitupula petugas sosial, tentu lebih menghadapi beban - beban sosialnya.

bersambung......


Sumber;

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 

Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close