Menu

Wednesday, April 18, 2018

Langkah - Langkah Penerapan Sistem Manajemen K3 -Part VI


Langkah 4. Menetapkan Sumber Daya Yang Diperlukan.


Sumber daya disini mencakup orang[ersonel, perlengkapan, waktu dan dana. Orang yang dimaksud adalah beberapa orang yang diangkat secara resmi diluar tugas tugsa pokoknya dan terlibat penuh dalam proses penerapan.

Perlengkapan adalah perlunya mempersiapkan kemungkinan ruangan tambahan untuk menyimpan dokumen atau komputer tambahan untk mengolah dan menyimpan data. Tidak kalah pentingnya adalah Waktu. Waktu yang diperlukan tidaklah sedikit terutama bagi orang yang terlibat dalam penerapan, mulai mengikuti rapat, pelatihan, mempelajari bahan - bahan pustaka,, menulis dokumen mutu sampai menghadapi kegiatan audit dan Assessment.

Penerapan Sistem Manajemen k3 bukanlah sekedar kegiatan yang dapat berlangsung dalam satu atau dua bulan saja. Untuk itu selama kurang lebih satu tahn perusahaan harus siap mengahdapi ganggguan arus kas karen awaktu yang seharusnya dikonsentrasikan untuk produksi ataua beroperasi banyak terserap ke proses penerapan ini. Keadaan ini seperti sebetulnya dapat dihindari dengan perencanaan ddan pengelolaaan yang baik.

Sementara dana yang diperlukan adalah untuk membayar Konsultan , lembaga sertifikasi, dan biaya untuk pelatihan karyawan di luar perusahaan,

Disamping itu juga perlu dlihat apakah untuk peerapan Sistem Manajemen K3 ini perusahaan harus menyediakan peralatan khusus selama ini belum dimiliki. Sebagai cotoh adalah perusahaan kompresor yang mnegalami kebisingan diatas rata - rata., karena sesuai dengan peryaratan Sistem Manajemen k3 yang mengharuskan adanya pengendalian Risiko dan bahaya yang ditimbulkan,, perusahaan tentu harus menyediakan peralatan yang dapat  menghilangkan / mengurangi tingkat kebisingan tersebut. ALat untuk mengukur tingkat kebisingan yang terjadi juga harus disediakan,, dan alat ni harus dikalibrasi. Oleh karena itu besarnya dana yang dikeluarkan untuk peralatan ini tergantung pada masing - masing perusahaan.



Sumber:

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 

Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close