Menu

Tuesday, May 29, 2018

Interpretasi Klausal - Part II



Terdokumentasi, diterapkan dan dipelihara

Rencana dan adan persiapan yang tepat adalah kunci sukses  penerapan, terkadang kebijakan dan sasaran yang di tetapkan tidak realistik karena tidak tepat dan sumber daya yang tidak sesuai untuk mencapainya. Karena itu disarankan sebelum membuat kebijakan, organisasi harus memastikan keuangan, kemampuan dan sumber daya  yang sesuai, serta semua sasaran yang ditetapkan secara masuk akal bisa tercapai yang dapat dilihat dalam kerangka kerjanya.

Bentuk dokumentasi dari kebijakan K3 biasanya dalam bentuk poster, pamflet ataupun id card. bagi perusahaan yang sudah menerapkan internet dapat menjadikan screen saver sebagai media dokumentasi kebijakan K3 ny, Kebijakan K3 ini secara periodik harus ditinjau, diamandemen atau direvisi jika dibutuhkan.  Biasanya perubaha kebijakan K3 dilakukan sekali dalam setahun atau dalam tinjauan manajemen.

Didokumentasikan kepada seluruh personel

Kesuksesan Sistem Manajemen K3 sangat dipengaruhi dari keterkibatan dan komitmen personelnya. Untuk itu sebuah organisasi  perlu memastikan karyawannya peduli terhadap kualtas lingkungan kerjanya dan akibat yang ditimbulkan. karena itu persyaratan ini mempersyaratkan organisasi harus mengkomunikasikan pada semua level, Kesalahan besar yang sering terjadi adalah para personel hanya menghafal kebijakan K3 tersebut. padahal yang terpenting bagi OHSAS 18001 adalah kebijakan K3 yang ditetapkan tersebut dapat dipahami oleh semua level personel sehingga mereka dapat memiliki kerangka kerja K3 yang sesuai denga jenis pekerjaannya. Agar dapat dipahami oleh  seluruh tingkat personel aspek bahasa perlu diperhatikan. Perusahaan mutinasional biasanya membuat kebijakan K3 nya dalam bahasa Inggris yag kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia agar bisa dimengerti oleh tingkat bawah seperti Operator.


Tersedia bagi pihak terkait.

Pihak manapun yang terpegaruh oleh Kinerja K3 Organisasi harus dipastikan mengetahui tetang keberadaan kebijakan k3m biasanya degan membuat dalam betuk pigura yang ditempelkan di ruang tunggu atau brosur pemasaran.


Ditinjau secara periodik untuk memastikan bahwa kebijakan K3 masih relevan dan sesuai dengan organisasi.


perubahan peraturan, harapan sosail yang meningkat, daln perubahan organisasi seringkali terjadi, knsekuensinya kebijakan k3 dan Sistem manajemen k3 harus ditinjau secara periodik untuk memastikan kesesuaiannya dan keefektifannya, hasil perubahannya harus juga dikomunikasikan kepada pihak terkait.

Dalam sebuah kebijakan k3 yang baik, manajemen puncak dapat mempertimbangkan hal - hal berikut:

  • Aspek bahaya yang terjadi
  • Persyaratan perundang - undangan 
  • Sejarah dan Kinerja K3 Organisasi
  • Kebutuhan Pihak terkait
  • Peluang dan kebutuhan perbaikan berkelanjutan
  • Sumber daya yang diperlukan
  • Kontribusi karyawan, rekaman pihak luar lainnya.



Sumber:
SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi,
Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close