Menu

Wednesday, May 2, 2018

komitmen Penerapan Sistem manajemen K3



Menerapkan Sistem Manajemen K3 bukanlah suatu hal yang  mudah dilakukan, banyak persiapan yang harus dilakukan. Tujuan organisasi dalam menerapkan sistem manajemen ini pun berbeda, hal ini tak terlepas dari komitmen manajemen organisasi yang bersangkutan.

Komponen - komponen yang ada dalam sebuah organisasi pun ikut terlibat dalam membantu kesuksesan penerapan sistem ini. Walau Sistem Manajemen K3 seperti Permenaker 05/Men/1996 dan OHSAS 18001;1999 tidak secara nyata menjelaskan tentang persyaraan finansial, akan tetapi tanpa adanya sumber dana yang cukup, sebuah perusahaan akan kesulitan menerapkan sistem manajemen K3-nya. Karena itu mustahil kita sukses menerapkan sistem manajemen K3 tanpa adanya perencanaan keuangan yang cukup.

Bagi perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen mutu, ISO 9001:2000 atau sistem manajemen lingkungan, ISO 14001:2996, tidaklah mengalami kesulitan jika menerapkan Sistem manajemen K3. Karena, di beberapa elemen kita akan menemukan kesesuaiannya, jadi kita tinggal demikian sumber daya baik berupa keuangan dokumentasi yang diperlukan dapat lebih dihemat dibandingkan jika kita melakukan penerapan secara terpisah atau sendiri - sendiri

Sistem manajemen K3 baik OHSAS 18001 ataupun Permenaker 05/Men/1996 menyediakan suatu pendekatan yang komprehensif untuk menerapkan Sistem Manajemen k3. Proses penerapan Sistem Manajemen K3 harus dimulai dari Manajemen puncak dalam perusahaan. Sebagai tahap pertama adalah mempersiapkan sendiri untuk memenuhi persyaratan Sistem Manajemen K3 yang dipilih.



Sumber:

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 

Share This

Previous Post
Next Post
Unknown

Written by

Related Posts

0 comments:

close